Rahasia Di Balik Harga Ikan Dewa Sungai Cibuni Sukabumi yang Mencapai Ratusan Ribu Rupiah!

7/05/2023
Beranda
FoodTravel
FYI
Rahasia Di Balik Harga Ikan Dewa Sungai Cibuni Sukabumi yang Mencapai Ratusan Ribu Rupiah!
Sumber sukabumiupdate.com

Salah satu spesies ikan langka dan berharga di Indonesia adalah ikan dewa, yang hanya bisa ditemukan di Sungai Cibuni, Sukabumi. Ikan ini menjadi kekayaan dan kebanggaan bagi warga Sukabumi, Jawa Barat.

Sumber sukabumiupdate.com melaporkan bahwa ikan dewa atau ikan soro berhasil ditangkap oleh warga di beberapa desa di Kecamatan Cidadap yang berlokasi di sepanjang Sungai Cibuni, yaitu Desa Mekartani, Desa Tenjolaut, Desa Hegarmulya, Desa Cidadap dan Desa Padasenang, Sukabumi. Warga kemudian menjual ikan dewa itu dengan harga Rp 120.000 per Kg.

Ada beberapa cerita yang beredar tentang asal-usul ikan dewa. Salah satunya adalah bahwa ikan dewa adalah reinkarnasi dari seorang prajurit tinggi kerajaan pasundan (baca: Prabu Siliwangi) yang berkhianat. Prajurit itu kemudian dikutuk menjadi seekor ikan.

Selain cerita mistis, ada juga alasan lain yang menjelaskan "kenapa ikan dewa mahal". Salah satunya adalah karena kandungan nutrisi yang tinggi dari ikan ini.

Menurut ksdae.menlhk.go.id, ikan dewa memiliki banyak keuntungan karena kaya akan nutrisi. Keuntungan ikan dewa yang cukup menarik, di antaranya adalah kandungan albumin yang tinggi yang bermanfaat untuk pemulihan pasca operasi, sarana belajar dan mengajar, serta nilai ekonomis yang tinggi.

Kementerian mencatat, ikan dewa sudah menjadi komoditas ekspor dari Jawa dan Sumatera ke Malaysia. Kuota ekspor ikan dewa sekitar 30.000 ton/tahun.

Ikan dewa itu ikan langka yang punya cerita sejarah. Ikan ini sama keluarga dengan ikan mas (Family Cyprinidae) dan dulu dimakan sama raja-raja di Sumatera.

Ikan dewa yang ada di Sungai Cibuni Sukabumi beda sama yang lain. Warnanya hijau perak ada merah-merahnya. Ikan ini bisa punya anak di dalam air yang dalamnya 10-20 meter.