Isi saldo Dana di ATM BRI gagal, ini masalahnya!

12/05/2023
Beranda
Agen BRILink
BRIMO
Keuangan
Tips
Isi saldo Dana di ATM BRI gagal, ini masalahnya!
Top Up Dana Via BRIMO

Banyak channel untuk mengisi saldo aplikasi Dana salah satunya melalui channel Bank BRI, bisa melalui mbanking BRIMO, ATM BRI dan juga Agen BRILink. Namun, isi saldo Dana melalui channel Bank BRI ada beberapa pengguna yang mengeluhkan tidak bisa isi saldo lewat channel BRI ini.

Kenapa isi saldo dana tidak bisa lewat BRI?

Sebenarnya bukan tidak bisa, namun ada langkah yang terlewatkan ketika akan melakukan isi saldo atau top up Dana melalui channel BRI, kita contohkan disini adalah isi saldo melalui Agen BRILink, karena proses isi saldo Dana melalui channel BRI semua hampir sama saja termasuk di Agen BRILink, yang membedakan adalah memasukan kode+nomor HP dan hanya memasukan nomor HP tanpa harus disertai memasukan kode.

Kegagalan dalam isi saldo Dana yang disebabkan bukan karena gangguan yang umum terjadi, adalah dikarenakan kode pembayaran BRIVA belum tergenerate atau terdaftar dan menyebabkan nomor virtual tersebut belum aktif. 

Bagaimana untuk bisa mengetahui bahwa nomor virtual atau BRIVA Dana belum aktif? 

Bisa dilihat pada pemberitahuan pada saat melakukan top up. 

Bagaimana cara aktifkan nomor virtual atau kode BRIVA Dana tersebut? 

Berikut cara dan penjelasannya, kasus terjadi pada isi saldo Dana melalui Agen BRILink, saya kira akan sama dengan kasus yang akan terjadi disemua channel BRI termasuk di ATM BRI apabila nomor virtual belum tergenerate:

Untuk mengisi saldo Dana lewat BRILink, Anda harus memilih metode pembayaran via transfer BRI Virtual Account (BRIVA) di aplikasi Dana terlebih dahulu. Cara ini hanya perlu dilakukan sekali saja, setelah itu Anda bisa menggunakan kode virtual account yang sama untuk mengisi saldo Dana selanjutnya. Namun apabila dikemudian hari nomor gagal lagi di isi melalui channel BRI, maka yang harus dilakukan adalah melakukan cara-cara diatas kembali. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan lengkap di post ini!

Jika Anda tidak memilih metode pembayaran di aplikasi Dana, Anda tidak bisa mengisi saldo Dana lewat BRILink atau jaringan BRI lainnya seperti BRIMO termasuk mesin ATM BRI.

Metode pembayaran via transfer BRI Virtual Account (BRIVA) ini berbeda dengan metode pembayaran via nomor HP atau virtual account biasa. Kode virtual account untuk aplikasi Dana adalah 88810+nomor HP. Jika nomor HP Anda kurang dari 12 digit, tambahkan 0 di depan nomor HP sampai kode virtual account menjadi 17 digit. Misalnya, jika nomor HP Anda yang terdaftar di Dana adalah 0816752136, maka kode virtual account Dana yang benar adalah 88810000816752136.

Untuk mengisi saldo Dana menggunakan virtual account BRI (BRIVA), ada langkah-langkah yang harus diikuti. Pertama, pengguna harus memilih metode pembayaran BRIVA di aplikasi Dana. Ini bertujuan untuk mengaktifkan nomor virtual account BRI yang terhubung dengan nomor HP pengguna. Jika tidak, pengguna akan mendapatkan pesan kesalahan bahwa Virtual Account Belum Dibuat.

Kedua, setelah nomor virtual account BRI aktif, pengguna bisa mengisi saldo Dana melalui berbagai cara, seperti Agen BRILink, aplikasi BRIMO, atau ATM BRI. Untuk top up di BRIMO dan Agen BRILink pengguna hanya perlu menyebutkan atau memasukkan nomor HP yang terdaftar di Dana, dan apabila dimesin ATM cukup catat kode BRIVA Dananya, tidak perlu lagi membuka aplikasi Dana atau memilih metode pembayaran BRIVA.

Dengan cara ini, pengguna bisa mengisi saldo Dana dengan mudah dan cepat menggunakan virtual account BRI. Virtual account BRI adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh BRI untuk memudahkan transaksi online, termasuk e-wallet seperti Dana.

Cara Top Up Dana dari Brimo

Berikut lebih jelasnya cara isi saldo Dana melalui Agen BRILink atau BRIMO:

Jika Anda ingin transfer brimo ke dana di Agen BRILink atau BRIMO sendiri, Anda harus membuka aplikasi Dana terlebih dahulu dan memilih opsi isi saldo dengan transfer bank dan memilih bank BRI.
  • Buka aplikasi Dana
  • Pilih Top Up / Isi Saldo > Pilih Bank BRI
  • Anda akan mendapatkan nomor virtual account BRI di aplikasi Dana, atau Anda hanya perlu menghafal nomor HP yang terdaftar di Dana, lalu pergi ke Agen BRILink terdekat dan berikan nomor HP dan jumlah yang ingin Anda tambahkan ke Dana Anda, atau jika Anda mengisi saldo melalui BRIMO sendiri, Anda cukup membuka aplikasi BRIMO dan memilih menu atau fitur Dompet Digital.
  • Jika melalui Agen BRILink, serahkan uang beserta biaya admin ke Agen BRILink, Agen BRILink akan melakukan transaksi pada menu DANA di aplikasi BRILink mobile atau EDC Android, atau melalui BRIVA untuk EDC konvensional. Setelah transaksi berhasil maka saldo akan langsung masuk ke akun Dana dalam beberapa detik.
Akhir kata" ko kayanya artikel diatas gak nyambung yah sama judulnya?

Judul sama artikel memang gak nyambung sih, tapi tentunya masalah dan solusinya sama, ketika isi saldo Dana di ATM BRI gagal dikarenakan virtual account belum dibuat maka masalahnya akan sama dengan masalah gagal isi saldo di BRIMO dan juga Agen BRILink, yaitu nomor virtual belum aktif. Ketika Anda akan mengisi saldo Dana di mesin ATM BRI apalagi saldo Dana orang lain maka pintalah kode BRIVA yang tertera di aplikasi Dana jangan hanya minta nomor HPnya saja.

Demikianlah cara mengisi saldo Dana di Agen BRILink atau BRIMO, ingat! Saat mengisi saldo Dana melalui Agen BRILink, BRIMO maupun ATM BRI pastikan Anda sudah mengaktifkan virtual account BRI (BRIVA) di aplikasi Dana seperti di atas, karena jika virtual account belum aktif maka isi saldo Dana akan gagal dengan keterangan kode virtual account tidak dikenali, atau jika isi saldo di BRIMO akan ada keterangan bahwa Virtual Account Belum Dibuat. 

Solusinya apabila ingin mengirim uang ke DANA melalui channel BRI atau ATM BRI namun nomor gagal di isi, maka yang harus dilakukan adalah kirim saja melalui DANA, kalau kirimnya dari DANA ke DANA maka tidak perlu melakukan aktivasi virtual account seperti diatas.

Ada pertanyaan terkait artikel ini? Silahkan kontak saya atau tinggalkan komentar!