Cara cek saldo BRI lewat WA, bisa juga cek 5 mutasi terakhir

9/02/2023
Beranda
BRIMO
FYI
Keuangan
Cara cek saldo BRI lewat WA, bisa juga cek 5 mutasi terakhir



Apakah Anda ingin mengecek saldo rekening BRI Anda tanpa harus pergi ke ATM atau mengunduh aplikasi mobile banking? Jika ya, maka ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu cek saldo BRI lewat WA. 

WA atau WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi, berbisnis, dan berbagai keperluan lainnya. 

Salah satu fitur WA yang bisa dimanfaatkan adalah chatbot, yaitu layanan otomatis yang bisa menjawab pertanyaan atau permintaan pengguna melalui pesan teks.

Salah satu cara untuk mengetahui jumlah uang di rekening BRI adalah dengan mencari mesin ATM BRI yang ada di sekitar.

Tapi sekarang, cara itu sudah ketinggalan zaman karena ada yang lebih simpel. Misalnya, kita bisa cek saldo BRI lewat WA yang lebih praktis.

BRI memilih menggunakan layanan ini karena lebih cepat dan mudah daripada SMS banking biasa.
Aplikasi seperti whatsapp juga sudah lebih familiar bagi banyak orang. Apalagi dengan banyaknya pengguna, BRI bisa memberikan pelayanan lebih baik dengan WA.

Sayangnya, ada beberapa nasabah BRI yang masih menggunakan cara lama untuk bertransaksi. 
Padahal BRI sudah memiliki banyak layanan baru yang belum dicoba oleh mereka.
Salah satunya adalah layanan ini, yang memungkinkan kita untuk menggunakan Whatsapp sebagai alat untuk cek saldo Bank BRI.

Namun, ada juga sebagian orang yang sudah tahu cara ini sejak dulu, terutama kaum milenial yang mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

Biasanya, cek saldo dilakukan lewat telepon, website resmi atau aplikasi Brimo. Tapi kali ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk menggunakan WA untuk cek saldo BRI:

Ada beberapa tahapan ketika nasabah ingin melakukan cek saldo BRI lewat WA, pertama tentunya nasabah harus terdaftar nomor HP dan terhubung dengan aplikasi BRIMO. 

Untuk bisa cek saldo BRI lewat WA sendiri harus diaktifkan terlebih dahulu dari aplikasi BRIMO yang terhubung dengan nomor HP yang digunakan untuk chat WA tersebut. 

Kemudian bagi yang memiliki rekening BRI lebih dari satu maka nomor rekeningnya harus dipilih terlebih dahulu di aplikasi BRIMO, jadi ketika cek saldo atau cek 5 mutasi terakhir lewat WA rekening yang sudah dipilihlah yang datanya akan dberikan, tidak bisa memilih sumber rekening di WA.

Layanan cek saldo BRI lewat WA ini tidak secara otomatis aktif dan bisa digunakan oleh pengguna WA walaupun nomornya sudah terdaftar mbanking. Posisi fitur ini adalah nonaktif dan nasabahlah yang harus aktivasi ketika mau menggunakannya, berikut cara aktivasi layanan cek saldo BRI lewat WA melalui menu Chat Banking pada aplikasi BRIMO:

Cara aktivasi layanan cek saldo BRI lewat WA

  • Buka dan login aplikasi BRIMO dengan akun nasabah seperti biasa
  • Pilih Menu Akun
  • Cari menu Chat Banking dan pilih
  • Lihat apakah Status Chat Banking dalam keadaan Nonaktif? Apabila dalam keadaan nonaktif silahkan aktifkan dengan cara menggeser tab ke kanan
  • Setelah posisi status Aktif, lakukan Pilih Rekening yang akan diaktifkan dalam transaksi cek saldo dan 5 mutasi terakhir nantinya, lalu klik Simpan
  • Sampai disini aktivasi Chat Banking berhasil diaktifkan.
Untuk menggunakan layanan Chat Banking pertama kalinya terutama untuk cek saldo dan 5 mutasi terakhir, silahkan lakukan langkah langkah berikut:
  • Masih pada menu Chat Banking silahkan klik pada tombol logo WA, maka akan otomatis diarahkan ke WA dan membuat chat otomatis Chatbot.

  • Kemudian selanjutnya jika nasabah akan melakukan cek saldo dan tidak login aplikasi BRIMO, maka nasabah cukup chat WA pada nomor Chatbot BRI yang otomatis tersimpan tadi di kontak. INGAT AKUNNYA SUDAH CENTANG BIRU DENGAN NOMOR +62 812-1214-017.


Cara cek saldo BRI lewat WA

  1. Silahkan simpan nomor HP +62 812-1214-017 dikontak Anda, dan atau kalau melakukan aktivasi dengan cara diatas maka nomor sudah tersimpan di WA otomatis.
  2. Silahkan buka aplikasi WA.
  3. Silahkan kirim chat/pesan ke Chatbot diatas. Format chat WA ketika ingin cek saldo BRI lewat WA adalah "Halo Sabrina, Saya mau cek saldo/mutasi di rekening BRI ya" 
  4. Mendapat balasan dengan 2 menu yaitu menu Cek Saldo dan Cek Mutasi, menu Cek Saldo akan memberikan informasi saldo terakhir pada rekening yang sudah dipilih pada aktivasi Chat Banking diatas, menu Cek Mutasi akan menampilkan 5 mutasi terakhir rekening baik debet maupun kredit.
  5. Silahkan pilih salah satu antara Cek Saldo dan Cek Mutasi. Apabila salah satu sudah ditampilkan misal Cek Saldo, dan ingin cek mutasi maka tinggal klik saja menu Cek Mutasi, selagi menu masih bisa di klik artinya menu tersebut masih aktif dan tidak perlu mengulang chat dari awal.

Ingat! Disini rekeningnya tidak bisa memilih, informasi yang ditampilkan adalah rekening yang sudah dipilih pada aktivasi Chat Banking, apabila ingin menggantinya atau memilih nomor rekening lain silahkan lakukan di aplikasi BRIMO pada menu Chat Banking seperti diawal saat aktivasi.

Itulah informasi yang dapat saya berikan tentang cara cek saldo BRI lewat WA. Semoga informasi ini bermanfaat karena fitur ini masih tergolong baru. Apabila ada pertanyaan terkait artikel ini silahkan jangan sungkan chat saya atau melaui kolom komentar. Terimakasih.