Aplikasi Threads, Perbandingan dengan Aplikasi lainnya

7/26/2023
Beranda
Aplikasi
Teknologi
Aplikasi Threads, Perbandingan dengan Aplikasi lainnya
Threads, an Instagram app

Threads adalah aplikasi sosial terbaru yang dikembangkan oleh Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Aplikasi ini menawarkan ruang baru untuk berbagi pemikiran dan bergabung dengan percakapan publik dengan menggunakan teks sebagai media utama. 

Threads diluncurkan pada 6 Juli 2023 dan telah mencapai lebih dari 30 juta pendaftaran dalam waktu kurang dari sehari. Aplikasi ini menjadi saingan bagi Twitter, yang mengalami penurunan pengguna dan pengiklan sejak diakuisisi oleh miliarder Elon Musk. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Threads, fitur-fitur yang ditawarkannya, cara menggunakannya, dan perbandingannya dengan Twitter dan aplikasi sosial lainnya. 

Apa itu Threads? 

Threads adalah aplikasi sosial berbasis teks yang dibangun oleh tim Instagram untuk memperluas apa yang Instagram lakukan terbaik dan membawanya ke teks, menciptakan ruang positif dan kreatif untuk mengekspresikan ide-ide Anda. Seperti di Instagram, dengan Threads Anda dapat mengikuti dan terhubung dengan teman dan kreator yang memiliki minat yang sama dengan Anda - termasuk orang-orang yang Anda ikuti di Instagram dan di luar itu. Dan Anda dapat menggunakan rangkaian fitur keamanan dan kontrol pengguna yang ada.  Threads terhubung secara otomatis dengan akun Instagram Anda dan postingan dapat memiliki hingga 500 karakter dan mencakup tautan, foto, dan video hingga 5 menit. Anda dapat dengan mudah membagikan postingan Threads ke story Instagram Anda, atau membagikan postingan Anda sebagai tautan di platform lain yang Anda pilih.  

Fitur-fitur Threads 

Threads menawarkan beberapa fitur menarik yang membedakannya dari aplikasi sosial lainnya, antara lain:
  • Postingan teks: 
    • Anda dapat membuat postingan teks hingga 500 karakter dengan menggunakan tanda pagar (#) untuk membuat topik atau kata kunci, atau menyebutkan pengguna lain dengan menggunakan simbol at (@) di depan nama pengguna mereka. Anda juga dapat menyertakan tautan, foto, atau video dalam postingan Anda.
  • Feed: 
    • Feed Anda di Threads mencakup postingan dari orang-orang yang Anda ikuti, dan konten rekomendasi dari kreator baru yang belum Anda temukan. Anda dapat menyukai, membalas, mengulang postingan, atau mengutip postingan pengguna lain di feed Anda.
  • Profil: 
    • Profil Anda di Threads menampilkan nama pengguna, foto profil, bio, dan postingan terbaru Anda. Anda dapat menyesuaikan profil Anda secara khusus untuk Threads. Berbeda dengan Twitter, Threads tidak menampilkan jumlah orang yang diikuti oleh pengguna lain di profil mereka3.
  • Pencarian: 
    • Fungsi pencarian di Threads hanya memungkinkan Anda untuk mencari dan mengikuti pengguna lain. Tidak seperti fitur pencarian Twitter yang menyediakan opsi lebih luas seperti mencari topik, tren, atau hashtag.
  • Keamanan: 
    • Threads dibangun dengan alat-alat untuk memungkinkan percakapan positif dan produktif. Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menyebutkan Anda atau membalas postingan Anda dalam Threads. Seperti di Instagram, Anda dapat menambahkan kata-kata tersembunyi untuk menyaring balasan ke postingan Anda yang berisi kata-kata tertentu. Anda dapat berhenti mengikuti, memblokir, membatasi atau melaporkan profil di Threads dengan mengetuk menu tiga titik. Dan akun-akun yang telah Anda blokir di Instagram akan secara otomatis diblokir di Threads

Cara Menggunakan Threads

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Threads:
  • Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Threads melalui Google Play Store atau Apple App Store.
  • Masuk menggunakan akun Instagram Anda. Nama pengguna dan verifikasi Instagram Anda akan dibawa ke Threads.
  • Pilih apakah ingin mengikuti akun yang sama dengan Instagram atau hanya beberapa akun.
  • Buat profil Anda dengan menambahkan foto, bio, dan tautan jika ada.
  • Mulai membuat postingan teks dengan mengetuk ikon pensil di kanan bawah. Anda dapat menambahkan tanda pagar, menyebutkan pengguna, atau menyertakan tautan, foto, atau video dalam postingan Anda.
  • Lihat feed Anda dengan mengetuk ikon rumah di kiri bawah. Anda dapat menyukai, membalas, mengulang postingan, atau mengutip postingan pengguna lain di feed Anda.
  • Cari dan ikuti pengguna lain dengan mengetuk ikon kaca pembesar di kanan atas. Anda dapat mencari pengguna berdasarkan nama atau nama pengguna mereka.
  • Atur keamanan dan preferensi Anda dengan mengetuk ikon profil di kiri atas. Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menyebutkan Anda atau membalas postingan Anda, menambahkan kata-kata tersembunyi, berhenti mengikuti, memblokir, membatasi atau melaporkan profil, dan mengubah pengaturan lainnya.

Perbandingan Threads dengan Twitter dan Aplikasi Sosial Lainnya

Threads memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Twitter dan aplikasi sosial lainnya. Berikut bisa dilihat pada tabel perbandingannya:

Fitur Threads Twitter Mastodon Bluesky
Postingan teks Hingga 500 karakter Hingga 280 karakter (pengguna gratis) Hingga 500 karakter Hingga 280 karakter
Postingan foto/video Hingga 5 menit Hingga 2 menit 20 detik Hingga 8 MB Hingga 8 MB
Feed Postingan dari orang yang diikuti dan rekomendasi kreator baru Postingan dari orang yang diikuti dan topik populer Postingan dari orang yang diikuti dan timeline publik lokal atau global Postingan dari orang yang diikuti dan topik populer
Profil Menampilkan nama pengguna, foto profil, bio, dan postingan terbaru Menampilkan nama pengguna, foto profil, bio, tautan, lokasi, tanggal bergabung, jumlah pengikut dan mengikuti, dan postingan terbaru Menampilkan nama pengguna, foto profil, bio, tautan, jumlah pengikut dan mengikuti, dan postingan terbaru Menampilkan nama pengguna, foto profil, bio, tautan, jumlah pengikut dan mengikuti, dan postingan terbaru
Pencarian Hanya mencari dan mengikuti pengguna lain Mencari topik, tren, hashtag, atau pengguna lain Mencari hashtag atau pengguna lain Mencari topik, tren, hashtag, atau pengguna lain
Keamanan Mengontrol siapa yang dapat menyebutkan atau membalas postingan; menambahkan kata-kata tersembunyi; berhenti mengikuti; memblokir; membatasi; melaporkan profil; akun yang diblokir di Instagram otomatis diblokir di Threads Mengontrol siapa yang dapat melihat atau membalas tweet; menambahkan kata-kata tersembunyi; berhenti mengikuti; memblokir; melaporkan tweet atau profil; mematikan notifikasi untuk tweet tertentu; mengaktifkan mode aman untuk menyembunyikan tweet sensitif Mengontrol siapa yang dapat melihat atau membalas toot; berhenti mengikuti; memblokir; melaporkan toot atau profil; memilih tingkat sensitivitas untuk media yang dikirim; menggunakan filter kata kunci untuk menyembunyikan toot tertentu; menggunakan daftar domain yang diblokir untuk mencegah interaksi dengan server tertentu Mengontrol siapa yang dapat melihat atau membalas post; menambahkan kata-kata tersembunyi; berhenti mengikuti; memblokir; melaporkan post atau profil