Apakah Planet Venus Dapat Dihuni?

4/08/2023
Beranda
Misi Dan Riset
Planet
Apakah Planet Venus Dapat Dihuni?

SpaceNesia - Ada empat planet di tata surya dengan permukaan padat: Merkurius, Venus, Mars, dan tentu saja Bumi. Kami berpotensi mendaratkan mereka dan mereka relatif dekat dengan Bumi. Mereka juga terbentuk sekitar waktu yang sama dan dari unsur-unsur yang mirip dengan planet kita. Jadi itu menimbulkan pertanyaan. Mungkinkah mereka layak huni? Pada artikel ini, kita hanya akan fokus pada salah satunya. Mari kita jawab pertanyaannya. Mungkinkah Venus layak huni?

Jawaban singkat: Tidak. Venus tidak layak huni dan tidak berada di zona layak huni tata surya. Planet ini terlalu panas dan atmosfernya terlalu beracun. Meskipun permukaannya padat, sebagian besar logam kita akan meleleh di atmosfer Venus, sehingga sangat sulit untuk mendarat

Baca Juga : Apakah Kita Bisa Berjalan Di Cincin Planet Saturnus?

Untuk menyelami lebih dalam alasan mengapa Venus tidak layak huni, mari kita mundur selangkah dan menentukan apa yang membuat planet ini layak huni.

Apa yang membuat sebuah planet layak huni?

Apakah Planet Venus Dapat Dihuni?
Planet Venus

Definisi tentang apa sebenarnya planet yang layak huni agak kabur dan ada banyak pendapat tentangnya, tetapi sebagian besar astronom setuju dengan dua syarat berikut.

  • Planet tersebut harus berada di zona layak huni dari sistem bintangnya
  • Planet ini harus memiliki air cair di permukaannya

Zona laik huni, juga dikenal sebagai zona goldilocks , adalah area di tata surya, atau sistem bintang lain mana pun dengan planet, di mana bintang berada pada jarak yang diperlukan agar planet di area tersebut dapat memiliki kisaran suhu di mana air cair bisa ada di permukaannya.

Hanya berada di zona layak huni tidak berarti sebuah planet akan dapat mendukung air. Faktor-faktor lain seperti memiliki permukaan padat, dan kondisi atmosfer tertentu, juga perlu berbaris agar planet dapat mendukung air cair.

Mengapa Venus tidak layak huni?

Venus tidak memenuhi salah satu dari dua persyaratan yang diperlukan untuk dianggap layak huni. Itu tidak terletak di zona layak huni tata surya, dan tidak dapat mendukung air cair.

Air dapat berada dalam bentuk cair pada suhu antara 273K dan 373K (-0,15°C hingga 99,85°C). Karena kami tidak memiliki pengukuran pasti tentang di mana suhu ini mungkin terjadi di tata surya dan mekanika orbit membuatnya lebih sulit untuk dihitung, kami hanya dapat memperkirakannya. Satu-satunya hal yang kita tahu pasti adalah Bumi berada di dalam layak huni, tetapi di mana ia mulai dan di mana ia berakhir berubah tergantung pada siapa Anda bertanya.

Namun, hampir setiap astronom setuju bahwa Venus hampir tidak menggores garis di mana zona layak huni dimulai atau sepenuhnya berada di luarnya.

Gambar berikut menunjukkan salah satu perkiraan ini dan menunjukkan di mana zona layak huni berada.

Zona layak huni Tata Surya
Zona layak huni Tata Surya

Sekalipun Venus berada di dalam zona layak huni, kondisi atmosfer dan geologisnya tidak memungkinkannya mendukung air cair di permukaannya.

Permukaan planet ini penuh dengan gunung berapi aktif yang terus-menerus mengeluarkan berton-ton karbon dioksida ke atmosfer. Karbon dioksida ini terperangkap karena atmosfer Venus yang padat dan memanaskan planet ini ke suhu yang sangat panas. Suhu rata-rata di permukaan sekitar 900°F (475°C). Setiap air di Venus akan langsung menguap.

Baca Juga : Planet Uranus Memiliki Bau Seperti Telur Busuk

Bisakah kita membuat Venus layak huni?

Terraforming Venus secara teori dimungkinkan. Namun, dari semua planet terestrial di tata surya, itu mungkin yang paling sulit untuk dihuni. Mungkin tidak sebanding dengan masalahnya karena Mars sejauh ini merupakan pilihan yang lebih baik.

Ada dua masalah utama terkait terraforming Venus

  1. Semua karbon dioksida di atmosfer perlu dibersihkan.
  2. Air perlu diperkenalkan dari sumber yang berbeda.

Untuk masalah pertama mengenai karbon dioksida, kami tidak memiliki solusi. Jika kita memilikinya, kita tidak akan terlalu mengkhawatirkan perubahan iklim di Bumi karena kita dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk memperbaikinya. Beberapa ide telah dilontarkan oleh para ilmuwan, seperti rekayasa genetika alga yang dapat memproses CO2, atau membuat mineral yang dapat menyerapnya, namun saat ini hanya sebatas teori.

Jika pernah ada air di Venus, itu sudah lama hilang. Ada sangat sedikit hidrogen dan oksigen yang tersisa di atmosfernya. Jadi, agar planet memiliki air, ia harus dibawa dari tempat lain, misalnya dengan menangkap komet es yang besar dan dengan lembut menabrakkannya ke planet tersebut.

Apakah Venus pernah dihuni?

Ada pendapat yang saling bertentangan tentang apakah Venus pernah layak huni atau tidak.

Zona laik huni sebuah bintang terus berubah saat bintang melewati masa hidupnya. Faktanya, dalam beberapa miliar tahun, saat Matahari mengembang, zona layak huni akan terletak di suatu tempat antara Jupiter dan Saturnus, membuat Bumi sama sekali tidak dapat dihuni. Semoga kita sudah lama pergi, menjajah planet lain saat itu.

Beberapa model mengatakan Venus bisa saja dihuni empat miliar tahun yang lalu , sementara yang lain mengatakan tidak pernah ada .

Sebenarnya, kita tidak memiliki informasi yang cukup untuk mengetahui pada saat ini apakah Venus pernah memiliki kondisi untuk mendukung kehidupan, tetapi seiring kemajuan ilmu pengetahuan, kita akan terus belajar lebih banyak tentangnya.

Pada tahun 2028 dan 2030, misi DAVINCI+ dan VERITAS akan diluncurkan oleh European Space Agency dan NASA. Misi ini akan membantu kita mempelajari lebih lanjut tentang Venus dan mudah-mudahan akan memecahkan beberapa misteri ini.

Kesimpulan

  • Venus tidak layak huni. Karena tidak bisa mendukung air.
  • Sepertinya Venus tidak akan pernah bisa dihuni. Kami memiliki banyak pilihan yang lebih baik.
  • Kami tidak tahu apakah Venus pernah berada di zona layak huni.