5 Alasan Mengapa Bulan Penting Bagi Bumi

4/09/2023
Beranda
Serba Serbi
5 Alasan Mengapa Bulan Penting Bagi Bumi

SpaceNesia - Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika tidak ada Bulan di langit pada malam hari? Selain fakta yang sudah jelas, malam itu akan jauh lebih gelap, ternyata Bumi akan jauh berbeda tanpa adanya satelit alami di atas sana.

Bulan penting bagi kehidupan di Bumi karena memainkan peran besar di banyak bidang seperti cuaca, siklus migrasi beberapa hewan, medan magnet Bumi, evolusi, dan bahkan merupakan salah satu alasan utama mengapa hari berlangsung selama 24 jam.

Baca Juga : Kenapa Bulan Bisa Muncul di Siang Hari?

Tapi bagaimana mungkin sebuah objek yang tampak berjauhan memiliki efek yang sangat besar pada apa yang terjadi di Bumi? Mari lihat.

5 Alasan Mengapa Bulan Penting Bagi Bumi

Bulan melindungi atmosfer kita di masa-masa awalnya

Memiliki atmosfer sangat penting untuk kehidupan seperti yang kita kenal. Atmosfer adalah lapisan gas terluar Bumi yang menampung semua oksigen yang kita hirup dan juga memiliki fungsi lain seperti melindungi kita dari radiasi ultraviolet dan sinar kosmik.

Tapi atmosfer mudah hilang bagi sebuah planet. Apakah permukaannya terlalu panas? atmosfer dapat menguap. Apakah planetnya terlalu kecil? gravitasinya mungkin tidak cukup untuk menahannya. Dampak asteroid besar? suasana bisa hilang bersamanya.

Angin matahari juga dapat memainkan faktor besar dalam peluang planet muda untuk dapat mempertahankan atmosfer. Angin matahari adalah aliran keras partikel bermuatan yang dipancarkan Matahari ke segala arah. Tanpa perlindungan yang tepat, ia dapat merusak kondisi planet, antara lain menyebabkannya kehilangan atmosfernya.

Di beberapa titik pada hari-hari awal Bulan, Matahari sedang mengalami fase kekerasan di mana angin Matahari jauh lebih kuat.

Karena Bulan lebih dekat ke Bumi saat itu, medan magnetnya cukup dekat untuk berfungsi sebagai perisai literal dan membantu melindungi atmosfer dari angin Matahari yang kuat itu.

Tanpa atmosfer, kehidupan di Bumi mungkin tidak akan pernah berkembang dan kita tidak akan ada di sini.

Bulan bisa saja (sebagian) bertanggung jawab atas kehidupan di Bumi

5 Alasan Mengapa Bulan Penting Bagi Bumi

Efek gravitasi Bulan dan Matahari di Bumi menciptakan sedikit tarik-menarik antara dua gaya yang sedikit mengubah bentuk seluruh planet bolak-balik. Gerakan ini menciptakan pasang surut lautan.

Seperti yang kami sebutkan di bagian sebelumnya, Bulan berada di beberapa titik jauh lebih dekat ke Bumi. Ini berarti tarikan gravitasinya di planet kita jauh lebih kuat, membuat pergerakan pasang surut menjadi lebih agresif.

Ini bisa memiliki beberapa efek berbeda pada penampilan kehidupan di Bumi.

Pertama, ada kemungkinan pasang surut mengaktifkan setidaknya sebagian lempeng tektonik Bumi. Berkat aktivitas seismik ini, permukaan bumi bisa mendingin, alih-alih memiliki permukaan yang panas dan tidak bisa dihuni seperti Venus.

Kedua, pasang surut bisa menyeret mineral dan bahan kimia yang diperlukan ke dalam lautan yang membantu membentuk sup primordial yang mengarah ke asal usul kehidupan.

Terakhir, selain itu, pasang surut mungkin juga merupakan salah satu faktor yang membantu bentuk awal kehidupan berpindah dari air ke darat.

Penting untuk dicatat bahwa ini masih hanya teori. Masih banyak pertanyaan yang harus dijawab tentang asal usul kehidupan di planet kita, namun, meskipun hanya satu dari teori ini yang benar, itu berarti Bulan memainkan peran besar dalam kemampuan planet kita untuk memiliki kondisi yang diperlukan untuk kehidupan. hidup untuk muncul.

Bulan adalah alasan kita memiliki 24 jam sehari

Bumi berputar pada porosnya sendiri saat mengorbit mengelilingi Matahari. Setiap rotasi ini adalah satu hari bagi kita di Bumi.

Rotasi ini juga dipengaruhi oleh gravitasi benda lain, dan ternyata sangat dipengaruhi oleh Bulan.

Bulan kemungkinan besar tercipta dari tabrakan planet seukuran Mars dengan Bumi. Tabrakan ini menghasilkan bongkahan batu besar, dan debu yang ditangkap oleh orbit Bumi dan akhirnya menyatu bersama oleh gravitasi untuk membentuk Bulan.

Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa rotasi bumi hanya memakan waktu 6 hingga 8 jam, tetapi gravitasi Bulan memperlambat pergerakan ini, mengubahnya menjadi 24 jam sehari seperti yang kita ketahui.

Ini mungkin tampak seperti efek yang lebih kecil, tetapi jika Anda memikirkan dampaknya, ini adalah masalah besar tentang bagaimana kehidupan berevolusi di Bumi.

Coba pikirkan, 8 jam sehari berarti spesies hewan di Bumi harus beradaptasi dengan perubahan suhu yang lebih cepat dan lebih liar dan mungkin terpaksa berevolusi dengan cara yang sangat berbeda.

Berkat Bulan, bumi memiliki iklim yang stabil

Mirip dengan poin sebelumnya. berkat gravitasi Bulan, kemiringan Bumi dipertahankan pada titik yang lebih stabil. Tanpanya, Bumi akan bergoyang naik turun sedikit saat berputar.

Ini menjadi berita bagus untuk stabilitas iklim kita. Dengan gerakan liar ini, angin, dan awan akan bergerak lebih cepat, menciptakan kondisi cuaca yang lebih agresif yang akan menghasilkan lingkungan kehidupan yang lebih keras.

Baca Juga : 10 Fakta Seputar Astronomi

Perubahan pada rotasi dan sumbu Bumi ini juga menghasilkan empat musim yang kita kenal dan nikmati hari ini, jadi saat Anda menggali lebih dalam, kita harus berterima kasih kepada Bulan atas cuaca musim panas.

Bulan bisa menjadi trampolin kita untuk penjelajahan luar angkasa

Meluncurkan sesuatu ke luar angkasa dari Bumi sangat mahal karena gravitasinya. Kabar baiknya adalah kami memiliki satelit alami di sebelah yang tidak memiliki masalah ini. Meluncurkan sesuatu ke luar angkasa dari Bulan jauh lebih mudah karena gravitasinya hanya 17% dari gravitasi Bumi.

Para ilmuwan berpikir bahwa di masa depan kita dapat menggunakan Bulan sebagai pusat untuk membangun dan meluncurkan pesawat ruang angkasa.

Bulan memiliki banyak sumber daya yang dapat kita gunakan untuk membangun kapal tersebut, tetapi yang terpenting adalah es, yang jika diubah menjadi air dapat digunakan untuk membuat bahan bakar, menghilangkan kebutuhan untuk mengirimkan bahan bakar dari Bumi, yang sangat mahal.

Karena atmosfer Bulan sangat tipis, Bulan juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat bintang. Atmosfer bumi membelokkan cahaya yang kita terima dari bintang dan galaksi yang jauh, kehilangan data dalam prosesnya dan mempersulit kita untuk mempelajari alam semesta.

Ini bukan masalah di Bulan, di mana menyiapkan observatorium akan menghasilkan banyak informasi tambahan yang dapat membantu kita mempelajari lebih lanjut tentang alam semesta.

Baca Juga : Apakah Kita Bisa Berjalan Di Cincin Planet Saturnus?

Ringkasan

Bulan penting bagi planet kita dan kehidupan di Bumi karena berbagai alasan, antara lain:

  • Medan magnet Bulan melindungi Bumi dari efek radiasi Matahari.
  • Efek bulan pada pasang surut lautan mungkin telah membantu menciptakan kondisi kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi.
  • Gravitasi Bulan menstabilkan rotasi dan kemiringan Bumi, membuat iklim Bumi dan kondisi lingkungan jauh lebih bersahabat.
  • Bulan memiliki kondisi yang bagus untuk dijadikan basis eksplorasi ruang angkasa.