Kenapa Bulan Bisa Muncul di Siang Hari?

4/05/2023
Beranda
Fenomena
Serba Serbi
Kenapa Bulan Bisa Muncul di Siang Hari?
Kenapa Bulan Bisa Muncul di Siang Hari?

SpaceNesia - Setiap pagi dalam sekitar sepekan ke depan, kita dapat melihat Bulan yang masih berada tinggi dari ufuk barat. Banyak orang terkejut melihat Bulan di pagi dan siang hari, mungkin termasuk Anda, namun faktanya ini adalah peristiwa yang normal.

Kesalahpahaman yang sangat umum dalam astronomi adalah, menganggap Bulan berada tepat di seberang Matahari di langit, jadi menganggap Matahari muncul di siang hari dan Bulan harus muncul di malam hari saja. Pada kenyataannya, posisi Bulan di seberang Matahari hanya terjadi satu hari setiap satu bulan kalender hijriyah.

Posisi Bulan di seberang Matahari menandakan fase Bulan Purnama, ketika Bulan terletak 180 derajat dari posisi Matahari di langit Bumi. Selain fase Bulan Purnama, posisi Bulan bisa di mana saja dari 0 sampai 180 derajat dari Matahari. Sehingga dapat terlihat di langit pagi dan siang hari.

Baca Juga : Bisakah Kita Melihat Bintang dari Galaksi Lain?

Dua hal yang membuat Bulan dapat terlihat di siang hari adalah, pertama, Bulan cukup terang sehingga cahayanya dapat menembus cahaya biru yang tersebar dari langit. Kedua, Bulan terletak pada posisi cukup tinggi di langit, biasanya fase menjelang Purnama dan setelah Purnama.

Karena rotasi Bumi, Bulan akan selalu terlihat kira-kira 12 jam setiap 24 jam di Bumi. Dan perbedaan periode sideris dan sinodis Bulan menyebabkan Bulan tampak bergerak di bola langit ke arah timur rata-rata 13‎ derajat tiap harinya. Sedang Matahari sendiri juga bergerak ke arah timur rerata 1‎ derajat tiap hari.

Akibatnya, Bulan akan nampak bergerak ke arah timur dari Matahari 12‎ derajat‎ per hari. Sudut tersebut setara dengan sekitar 50 menit. Itulah sebabnya Bulan nampak terbit terlambat sekitar 50 menit tiap hari.

Baca Juga : Psikologi Di Balik Orang Yang Percaya Bumi Datar

Pada fase beberapa setelah Purnama, Bulan biasanya terbit pukul 19:00 atau 20:00 waktu setempat daerah Anda, dan karena Bulan selalu terlihat kira-kira 12 jam dalam sehari, maka keesokan harinya pukul 07:00 atau 08:00 waktu setempat Bulan masih belum terbenam.

Nah, itulah yang membuat Bulan bisa terlihat di siang hari. Jadi jangan sampai salah paham lagi ya, atau bahkan menganggap Bulan yang muncul di siang hari adalah tanda kiamat.